Rabu, 09 Maret 2011

Spurs Hentikan Langkah Penguasa Sementara Serie A


Tottenham Hotspur melaju ke babak perempat final dan menghentikan langkah AC Milan di Liga Champion musim ini setelah bermain imbang tanpa gol di leg kedua babak 16 besar di White Hart Lane, Kamis (10/3) dini hari WIB.
image
Spurs berhak lolos karena unggul agregat 1-0 yang didapatnya saat menyambangi San Siro di leg pertama dan dicetak Peter Crouch.

Bertindak sebagai tuan rumah di leg penentuan tentu lebih menguntungkan Tottenham. Kepastian bermainnya salah satu pemain paling berpengaruh, Gareth Bale juga menjadi faktor positif tambahan, namun dia tidak masuk dalam barisan starting eleven. 

Sementara Milan yang datang dengan ambisi besar dengan mengandalkan tiga penyerang terbaiknya, yaitu Alexandre Pato, Robinho, dan Zlatan Ibrahimovic begitu yakin bisa membalikkan keadaan agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. 

Di awal babak pertama skuad Harry Redknapp langsung tempil ofensif dan lebih agresif dalam menggencarkan gelombang serangan ke lini pertahanan I Rossoneri. Namun, Ibra cs. sesekali masih sanggup membangun serangan balik yang cukup membahayakan barisan pertahanan Hotspur.

Begitu mulai bisa mengimbangi permainan, Milan akhirnya mendapat peluang terbaiknya di babak pertama yang nyaris berbuah gol pada menit ke-25. Berawal dari pergerakan Pato di lini kiri serangan, memancing Gomes meninggalkan gawangnya. Pato yang langsung memberi umpan ke tengah disambut Robinho dan langsung melepaskan tendangan ke gawang yang tidak dijaga. Akan tetapi, ketika bola nyaris masuk ke gawang Spurs, William Gallas ternyata masih sanggup menghalau sehingga menggagalkan proses terjadinya gol.

Bermain imbang tanpa gol di paruh pertama tak lantas dilakukan perubahan formasi oleh masing-masing pelatih di awal babak kedua. Pergantian pemain baru tampak pada menit ke-66. Rafael Van der Vaart yang tampil begitu impresif ditarik keluar dan diganti dengan pemain yang pada leg sebelumnya tidak bisa tampil, Bale. 

Namun, satu menit sebelum pergantian tersebut, tim tamu kembali memperoleh peluang paling berbahayanya dalam pertandingan ini. Tendangan Robinho yang memanfaatkan umpan matang dari Ignazio Abate masih sanggup diblok Gomes dan sempat terjadi kemelut, tapi akhirnya tidak menghasilkan apa-apa. 

Tekanan demi tekanan sepanjang 45 menit kedua dari kedua kubu tidak menghasilkan apapun sehingga saat wasit harus menyudahi jalannya pertandingan skor 0-0 tidak berubah.

Dengan begini dua wakil Italia, yaitu AS Roma dan Milan tersingkir dari ajang paling bergengsi di Eropa musim ini di babak 16 besar. Sementara Premier League menempatkan satu wakil pertamanya di babak perempat final setelah Arsenal ditumbangkan Barcelona di Camp Nou.

*****
Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Gomes; Corluka, Gallas, Dawson, Assou-Ekotto; Lennon, Sandro, Modric, Pienaar (Jenas 71'); Van der Vaart (Bale 66'); Crouch (Pavlyuchenko 83').

AC Milan: Abbiati; Abate, Nesta, Thiago Silva, Jankulovski (Antonini 70'); Boateng (Merkel 76'), Flamini (Strasser 87'), Seedorf; Pato, Ibrahimovic, Robinho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar